Jaringan Komputer dan Manfaatnya Bagi Kehidupan Sehari-hari


Pada jaman sekarang perkembangan teknologi informasi berkembang sangat cepat terutama dibidang jaringan komputer. Radio, televisi, telepon sudah menjadi alat yang sangat umum digunakan sehari-hari pada saat ini. Kemunculan internet didunia merupakan hal yang sangat penting sekali karena membawa perkembangan yang sangat pesat. Dengan semakin pesatnya pertumbuhan teknologi, peran internet menjadi lebih besar dalam kehidupan masa kini. Dengan adanya internet, penyebaran informasi menjadi lebih cepat diterima oleh berbagai masyarakat, bahkan jika mereka tinggal jauh di berbeda benua dengan kita mereka tetap akan dapat menerima informasi terbaru hanya bermodalkan internet. Internet merupakan salah satu jaringan komputer yang sampai saat ini masih sangat populer digunakan oleh banyak orang diberbagai belahan dunia untuk menunjang aktivitas mereka, entah itu berkomunikasi, berjualan online dan lain sebagainya karena penggunaannya yang sangat mudah, efesien, dan sangat cepat.

Pengertian Jaringan Komputer
          Sebelum kita masuk ke bagian lain mari kita ketahui pengertian dari jaringan komputer. Jaringan komputer (jaringan) adalah jaringan telekomunikasi yang mungkin terjadi antar dua komputer atau lebih melalui media transmisi atau media komunikasi untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data. Tujuan dibangunnya jaringan komputer adalah agar informasi/ data yang dibawa pengirim (transmitter) dapat sampai kepada penerima (receiver) dengan tepat dan akurat., setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service) kepada yang lainya. Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server). Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer. Selain itu, peran jaringan komputer sangat diperlukan untuk mengintegrasi data antar komputer-komputer client sehingga diperolehlah suatu data yang relevan.

Klarifikasi Jenis-Jenis Jaringan Komputer

1.    Berdasarkan Geografisnya
a.    LAN
Local Area Network atau yang sering disingkat dengan LAN adalah jaringan computer yang hanya memiliki daerah cangkupan yang sangat kecil. Sekolah, kantor, warnet, rumah pada umumnya menggunakan LAN karena wilayahnya yang cukup kecil.
b.    MAN
Metropolitan Area Network (MAN) atau Jaringan wilayah metropolitan adalah jaringan yang mencakup suatu kota dengan dibekali kecepatan transfer data yang sangat tinggi. Bisa dibilang, jaringan MAN merupakan gabungan dari beberapa jaringan LAN.
c.     WAN
Wide Area Network (WAN) atau Jaringan area luas adalah jaringan yang jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, contoh jaringan yang menghubungkan sebuah negara bahkan benua.

2.    Berdasarkan Fungsinya
a.    Jaringan Client-Server
              Klien-server atau client-server merupakan sebuah paradigma dalam teknologi informasi yang merujuk kepada cara untuk mendistribusikan aplikasi ke dalam dua pihak: pihak klien dan pihak server.
b.    Jaringan Peer to Peer
P2P (peer to peer) adalah suatu sistem yang tidak hanya menghubungkan “ujung” satu dengan lainnya, namun ujung-ujung ini saling berhubungan secara dinamis dan berpartisipasi dalam mengarahkan lalu lintas komunikasi informasi, pemrosesan, dan penugasan pembagian bandwidth yang intensif, di mana bila sistem ini tidak ada, tugas-tugas ini biasanya diemban oleh server pusat.
3.    Berdasarkan topologi jaringan
a.    Topologi Bus
Instalasi jaringan Bus sangat sederhana, murah dan maksimal terdiri atas 5-17 komputer. Kesulitan yang sering dihadapi adalah kemungkinan terjadinya tabrakan data karena mekanisme jaringan relatif sederhana dan jika salah satu node putus maka akan mengganggu kinerja dan trafik seluruh jaringan.
b.    Topologi Bintang
Topologi bintang merupakan bentuk topologi jaringan yang berupa konvergensi dari node tengah ke setiap node atau pengguna. Topologi jaringan bintang termasuk topologi jaringan dengan biaya menengah.
c.     Topologi Cincin
Topologi cincin adalah topologi jaringan berbentuk rangkaian titik yang masing-masing terhubung ke dua titik lainnya, sedemikian sehingga membentuk jalur melingkar membentuk cincin.
d.    Topologi Mesh
Topologi jala atau Topologi mesh adalah suatu bentuk hubungan antar perangkat dimana setiap perangkat terhubung secara langsung ke perangkat lainnya yang ada di dalam jaringan. Akibatnya, dalam topologi mesh setiap perangkat dapat berkomunikasi langsung dengan perangkat yang dituju (dedicated links).
e.     Topologi Pohon
Topologi Pohon adalah kombinasi karakteristik antara topologi bintang dan topologi bus. Topologi ini terdiri atas kumpulan topologi bintang yang dihubungkan dalam satu topologi bus sebagai jalur tulang punggung atau backbone. Komputer-komputer dihubungkan ke hub, sedangkan hub lain di hubungkan sebagai jalur tulang punggung.
f.      Topologi Linier
Jaringan komputer dengan topologi runtut (linear topology) biasa disebut dengan topologi bus beruntut, tata letak ini termasuk tata letak umum. Satu kabel utama menghubungkan tiap titik sambungan (komputer) yang dihubungkan dengan penyambung yang disebut dengan Penyambung-T dan pada ujungnya harus diakhiri dengan sebuah penamat (terminator).
4.    Berdasarkan Distribusi Sumber Informasi atau Data
a.    Jaringan terpusat
Jaringan ini terdiri dari komputer klien dan peladen yang mana komputer klien yang berfungsi sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi/data yang berasal dari satu komputer peladen.
b.    Jaringan terdistribusi
Merupakan perpaduan beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer peladen yang saling berhubungan dengan klien membentuk sistem jaringan tertentu.
5.    Berdasarkan Media Transmisi Data
a.    Jaringan berkabel (Wired Network)
Pada jaringan ini, untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain diperlukan penghubung berupa kabel jaringan. Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan.
b.    Jaringan nirkabel(Wi-Fi)
Merupakan jaringan dengan medium berupa gelombang elektromagnetik. Pada jaringan ini tidak diperlukan kabel untuk menghubungkan antar komputer karena menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal informasi antar komputer jaringan.
Peran dan Maanfaat yang Bisa Kita Dapatkan Dari Jaringan Komputer
1.     Kita dapat memgirim suatu pesan dengan cepat meskipun ke tempat yang sangat jauh akan terkirim cepat dan mudah.
2.     Kita dapat mendapatkan suatu informasi atau berita dengan mudah dan berita yang didapat masih sangat baru(fresh).
3.     Kita dapat menghemat waktu dengan adanya jaringan komputer ini karena apapun dapat  diselesaikan dengan cepat dan bias dilakukan kapan pun.
4.     Kita dapat menghemat penggunaan kertas dengan adanya jaringan komputer karena penggunaan kertas sudah tidak diperlukan lagi semuanya sudah terjadi didunia maya.
5.     Kita dapat dengan mudahnya mendapatkan dan berbagi sesuatu data yang kita inginkan kepada orng lain seperti foto, video, tugas, dll.
6.     Kita dapat menghemat banyak tempat karena dijaman skrng sudah da teknologi penyimpanan cloud.
7.     Kita dapat mmendapatkan teman dari luar negri karena mudanya mengirim pesan.
8.     Kita dapat berjualan dengan mudah didunia maya bahkan membuka peluang yang lebih besar lagi.
9.     Mempermudah kita untuk mencari hiburan seperti video atau bermain game.




Sumber :

Comments

Popular Posts